PATROLI GOBAN JEMPUT BOLA OPTIMALISASI PROGRAM BANK SAMPAH GOBAN BINAAN KBA BANJARSURI

PATROLI GOBAN JEMPUT BOLA OPTIMALISASI PROGRAM BANK SAMPAH GOBAN BINAAN KBA BANJARSURI Bank sampah GoBan sebagai bank sampah yang bergerak di bawah pilar lingkungan hidup Kampung Berseri ASTRA (KBA) Banjarsuri Kabupaten Lampung Selatan Lampung ini sudah berjalan selama 3 tahun lamanya. Pengelolaan dan gaya dalam meneruskan komitmen ASTRA di pilar lingkungan terus dilakukan oleh Bank sampah GOBAN. Berbagai kegiatan dilakukan secara berkelanjutan dalam rangka menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan sekitar. Sejauh ini, Bank sampah GOBAN sudah memiliki lebih dari 20 nasabah di Desa Banjarsuri. Tidak sampai di situ, inovasi dalam mempromosikan Bank Sampah GOBAN juga terus dilakukan hingga kini diadakannya PATROLI GOBAN untuk menjemput suksesnya tujuan dari Bank Sampah didirikan. Jemput Bola sendiri memiliki makna menjemput tujuan yang diinginkan. Khamida Khairani selaku Local Champion beserta pengurus KBA melakukan Patroli setiap minggunya untuk menampung sampah yang bisa dijadikan saldo tabungan bank sampah. Patrol ini digaungkan tentu agar masyarakat banyak semakin tahu dan faham bahwa sampah siswa mengolah makanan khususnya kemasan daur ulang bisa dijadikan tabungan. Dengan kegiatan ini dinilai sangat efektif dalam mensukseskan program dan promosi masyarakat.
Gambar TIM GOBAN sedang menghimpun sampah 1. Kegiatan yang dilakukan dalam Patroli ini yaitu Membagikan karung sampah kepada masyarakat untuk wadah sampah yang akan ditabung. Kegiatan ini juga dilakukan dengan patrol dan DOOR TO DOOR sehingga dapat dipastikan informasi sangat tersampaikan olh warga desa banjarrejo. Sekaligus sosialisasi dan pembagian kantoh plastic.
2. Menimbang sampah Tentu saja point ini menjadi computer atau admin dalam menjalankan banj sampah karena berapa berat dari sampah yang dikumpulkan menjadi nilai rupiahnya.
Kegiatan menimbang sampah yang akan ditabunga 3. Mengangkut sampah hasil tabungan Sampah yang dikmpulkan kemudian di angkut menuju pos KBA untuk dipilah – pilah kembali. Demikianlah kisah menarik JEMPUT BOLA dari Bank sampah GoBan dalam mengelola bank sampah sebagai komitmen KBA di pilar lingkungan hidup. Semoga dapat menginspirasi untuk kita semua dalam peduli terhadap lingkungan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MELALUI BiTe Class KBA BANJARSURI BANTU GENERASI BANGSA HADAPI INDONESIA EMAS 2045

TANAMKAN KARAKTER GENERASI BANGSA MELALUI BIOSKOP DESA