LESTARI LEADERSHIP PROGRAM 2023 : PERAN ASTRA MEMBANGUN GENERASI HIJAU UNTUK LINGKUNGAN BERKELANJUTAN

LESTARI LEADERSHIP PROGRAM 2023 : PERAN ASTRA MEMBANGUN GENERASI HIJAU UNTUK LINGKUNGAN BERKELANJUTAN Bogor, 18 November 2023 Komunitas beasiswa ASTRA (KAISWARA) sebagai komunitas beasiswa binaan ASTRA yang turut berperan dalam melakukan pembinaan kepada sobat Beswan yang aktif. KAISWARA ini dinaungi oleh divisi environment social responsibility PT. Astra Internasional Tbk. Serta Yayasan Amaliah Astra. Salah satu kegiatan pembinaan yang dilakukan KAISWARA kepada seluruh penerima beasiswa ASTRA yakni melalui program LLP (Lestari Leadership Program) yang diadakan setiap tahunnya sejak beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2023, program LLP mengusung tema “Building a lestari generation for a better green future”. LLP 2023 dilaksanakan selama 2 bulan yakni sejak bulan agustus hingga november 2023 dan diakhiri dengan kegiatan graduation secara langsung di Pondok Kapilih Bogor Jawa Barat pada 18 november 2023.
Gambar 1. Panitia kegiatan LLP 2023 Kegiatan LLP 2023 diikuti sebanyak 41 peserta dan volunteer yang telah melalui bergam proses seleksi. Sebanyak 41 peserta tersebut mengikuti rangkaian pembekalan materi yang berkaitan terhadap isu – isu lingkungan. Adapun materi yang dibekali oleh para tokoh inspiratif lingkungan dari Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia yaitu : 1. Collaboration for a better earth oleh Ibu Rosalia Sri Hartati, M.Pd. 2. Green life style oleh ibu Dra. Sri Yunita. 3. To Be a Future Green Leader oleh Ibu Woro Juniarti Setianingsih, M.Pd 4. Isu – isu kerusakan lingkungan oleh ibu Tantin Indartini, S.Pd, MM.
Gambar 2. Dokumentasi Pembekalan Materi Oleh Narasumber Peserta yang mengikuti pembekalan materi dibentuk kelompok – kelompok untuk memudahkan penugasan pasca mengikuti pembekalan. Adapun tugas kelompok yang dilaksanakan oleh peserta seperti melakukan kampanye kelestarian baik secara daring maupun luring. Kampanye lingkungan tersebut sebagai bentuk peran yang dilakukan oleh KAISWARA melalui peserta LLP dalam mendukung dan ikut serta dalam menjaga kelestarian lingkungan. Tangga 18 November 2023 seluruh peserta dan panitia melakukan pertemuan untuk melaksanakan Graduation sebagai bentuk penutupan pelatihan generasi Hijau pada program LLP 2023 di pondok Kapilih Bogor Jawa Barat. Mewakili PT ASTRA Internasional Tbk. Bapak Perdana dalam sambutannya berpesan “ kami dari PT. ASTRA selalu memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk memperoleh pengetahuan dan ilmu tentang banyak hal, maka dari itu kepada para peserta untuk tidak menyia nyiakan kesempatan belajar mengenai isu – isu lingkungan dalam kegiatan ini. Agar nantinya, seluruh peserta bisa menjadi agen dalam menjaga dan merawat kelestarian lingkungan sekitar kita dalam rangka berkontribusi menciptakan keberlanjutan di Indonesia” terangnya.
Gambar 3. Dokumentasi Graduation Output kegiatan LLP 2023 adalah generasi muda yang memiliki pengetahuan, kepekaan serta kontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan dalam rangka berkontribusi menciptakan Keberlanjutan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MELALUI BiTe Class KBA BANJARSURI BANTU GENERASI BANGSA HADAPI INDONESIA EMAS 2045

31 Tahun Dompet Dhuafa : Senantiasa Berkontribusi dalam Amalkan “Mencerdaskan Kehidupan Bangsa” Lewat Program Pendidikan Rafli Almi Jaya