TUTORIAL PUBLIC SPEAKING | CARA HILANGKAN GROGI SAAT BERPIDATO DAN CARA MENANGKAN LOMBA PIDATO

Menurut Rafli Almi Jaya.

1. Jangan takut mencoba. Mulailah berlatih public speaking dari hal yang kecil. Contohnya memimpin pembicaraan di kelas,forum atau perkumpulan lainnya.
2. Cobalah untuk mengenali suasana. Kuasai suasana yang ada di sekitar kita dengan begitu kita tau seluk beluk hal yang akan membuat kita PD atau Down.
3. Untuk Pidato, MC dan lainnya. Pastikan kita kuasai materi atau hal yang akan kita sampaikan. Menguasai, tidak harus dihafalkan semua secara detailnya, namun point penting nyalah yang harus tersampaikan. Dan pastikan kita siap untuk menyampaikan materi tanpa bantuan teks, kertas atau lainnya.
4. Perbanyak jam terbang. Makin banyak kita tampil untuk bicara depan orang banyak, makin besar pula kemampuan kita dalam public speaking dan kemampuan kita bisa lebih berkembang dan makin hebat. Berusahalah selalu tampil di berbagai acara atau kegiatan yang berkaitan dengan Public speaking.
5. Cara hilangkan grogi untuk lomba Pidato. Ada trik untuk memenangkan atau memperoleh nilai besar dalam lomba pidato/ceramah. Salahsatunya pandangan kita harus tertuju pada seluruh Audien. NAMUN trik terbesar dari saya adalah jangan menatap mata audien secara langsung. Tapi lihat saja keningnya. Kenapa, kalau antara mata kita dengan audien tabrakan itu akan menghancurkan mental kita,bisa down nyali kita.
6. Membuat seindah mungkin Gerakan tubuh  dengan ucapan. Gerakan tubuh bisa menjadi penunjang yang besar untuk berpidato. Namun juga tidak boleh berlebihan karena bisa aneh dilihat. Selaraskan apa yang kita ucapakan dengan gerakan.
7. Fokus pada materi jangan fikirkan hal lain terlebih dahulu minimal 15 menit sebelum menyampaikan materi.
8. Pastikan penampilan kita rapih dan menarik perhatian audien. Bisa dicek dari segi pakaian, tata wajah, sepatu, rambut bahkan suara. Penampilan yang menarik akan memberikan kenyamanan audien dalam mendengarkan dan menyaksikan kita baik sebagai MC atau penyampai Pidato.
9. Atur intonasi dan Vocal. Ketika akan tampil ke hadapan para audien suara kita harus Siap. Tidak ada gangguan seperti serak, batuk dan lainnya. Selain itu olah intonasi bicara kita pastikan nyaman dan enak didengar oleh audien. Menggunakan ayunan nada yang indah, tidak terlalu kuat dan tidak terlalu lemah,  namun tegas dalam menyampaikan.
10. Berdoa sebelum tampil. Apapun metode dan cara yang kita pakai untuk bisa public speaking, lomba pidato, MC dan sebagainya tidak akan bisa tanpa doa. Ingatlah bahwasanya "usaha tanpa doa dalah sombong." mohon kepada tuhan agar kita bisa tampil dengan maksimal dan memuaskan audien.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MELALUI BiTe Class KBA BANJARSURI BANTU GENERASI BANGSA HADAPI INDONESIA EMAS 2045

TANAMKAN KARAKTER GENERASI BANGSA MELALUI BIOSKOP DESA